Download Buku Bahasa Indonesia SD/MI K13 Revisi

Buku Unit Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2019 merupakan buku yang disusun oleh Ditjen GTK Kemendikbud dalam rangka program pengembangan keprofesian berkelanjutan (pkb) melalu peningkatan kompetensi pembelajaran (pkp) berbasis zonasi.

Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun Buku Unit Pembelajaran ini berdasarkan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, serta analisis soal-soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). UN dan USBN merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional.


Baca Juga: Download Buku Guru dan Siswa K13 Akidah Akhlak MI

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Baca Juga: Download Buku Bahasa Jawa K13 SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Baca Juga: Download Buku Guru dan Siswa K13 Kelas 3 SD/MI Revisi Tahun 2018

Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dengan demikian maka guru harus senantiasa meng-update dirinya dengan melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Buku K13 Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2019

Jika program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebelumnya didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional, maka Program Peningkatan Kompetensi.

Unit Pembelajaran yang sudah tersusun diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Unit Pembelajaran yang dikembangkan dikhususkan untuk Pendidikan Dasar yang dalam hal ini akan melibatkan KKG SD dan MGMP SMP.

Download Buku Unit Pembelajaran Bahasa Indonesia K13 SD MI Revisi


Buku Unit Pembelajaran Bahasa Indonesia K13 SD MI Tahun 2019 dapat diunduh melalui tautan link berikut ini:

  1. Paket 1 – Tata Bahasa Unduh
  2. Paket 2 – Kosa Kata dan Tata Makna Unduh
  3. Paket 3 – Terampil Berbahasa Lisan Unduh
  4. Paket 4 – Terampil Berbahasa Tulis Unduh
  5. Paket 5 – Apresiasi Sastra Unduh

Demikianlah informasi tentang Download Buku Pembelajaran K13 Bahasa Indonesia SD MI Tahun 2019, semoga bermanfaat.