PROTA, PROMES, RPPM, RPPH PAUD K13 KB (Kelompok Belajar)

Kami Madrasah - Kelompok bermain (bahasa Inggris: playgroup) adalah salah satu bentuk satuan PAUD jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 2 sampai dengan 6 tahun dengan prioritas usia 3 dan 4 tahun.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pada pasal 28 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal dan non formal. PAUD jalur pendidikan nonformal dapat berupa Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) Atau Bentuk Lain yang sederajat.


Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan. Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan dan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak. Dalam menyusun perencanaan program semester, lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format dan disesuaikan dengan kebutuhan lembaga masing-masing.

PROTA, PROMES, RPPM, RPPH PAUD K13 KB (Kelompok Belajar)

RPPM dikembangkan dari kegiatan semester, namun penyajiaannya lebih lengkap dan lebih operasional. Perencanaan mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). 

Jaringan tema berisi projek-projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran. Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema – yang merupakan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) adalah unit perencanaan terkecil yang dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari. RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan sub tema.

Penulisan RPPH disesuaikan dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas lembaga, tema/sub tema, kelompok usia, alokasi waktu, kegiatan belajar (pembukaan, inti, penutup), indicator pencapaian perkembangan, media, dan sumber belajar.

Download PROTA, PROMES, RPPM, RPPH PAUD K13 KB (Kelompok Bermain)


Silahkan Mengunduh PROTA, PROMES, RPPM, RPPH PAUD K13 Kelompok Bermain (KB) Umur 3-4 Tahun dalam tautan-tautan berikut ini:

Demikian informasi terkait PROTA, PROMES, RPPM, RPPH PAUD K13 Kelompok Bermain (KB) Umur 3-4 Tahun, semoga bermanfaat!
Kami_Madrasah

17 komentar

Luarbiasa ucapan terimakasih yang tak bisa diucapkan secara langsung.
hanya bisa berdo'a semoga keluarga besar "Kami Madrasah" diberikan Kesehatan selalu oleh Yang Maha Kuasa ALLAH SWT. Amiin.

jazakumullahu khayran katsiiran, KB kami sangat terbantu, semoga KB anda sll sukses dan diberkahi Allah

Amiinn... Terimakasih telah berkunjung.

Terima kasih bunda yànda kami sangat terbantu sekali semoga kita ssemua selalu dalam lindungan Allah SWT

Alhamdulillah, Sama-sama...

terimakasih, smoga ini bisa menjadi acuan kami untuk penyusunan perangkat pembelajaran tahun ajaran baru

terimkasih... semoga menjadi ladang amal buat kami madrsah..... sekali lagi jangan berhenti berkarya dan berbagi....

Sama-sama, Amiinn ya rabbal 'alamin.

terimakasih, IJIN unduh semoga berkah dan jadi amal baik ADMIN....perbanyaklagi ya....kami akan datang lagi

Alhamdulillah.. terimakasih banyak.. sangat membantu saya.. barakallah

saya sangat terbantu. jazakimullahu khoiron, kami madrasah.

Riska Amelia: Alhamdulillah, Amiin.

Terimakasih, izin sy share ke grup KB kami ya Bu/Pak. Tuhan berkati 🙏