Instrumen, Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Akreditasi Paud

Akreditasi adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

Usaha pemerintah untuk mengembangkan SDM melalui satuan pendidikan PAUD dan PNF telah mendorong satuan pendidikan untuk memenuhi delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam rangka pemenuhan standar tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyiapkan satuan pendidikan untuk siap diakreditasi secara berkesinambungan dan terus-menerus dengan harapan proses akreditasi dapat meningkatkan kualitas satuan pendidikan.

Akreditasi PAUD dan PNF dilaksanakan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan atas dasar peraturan-peraturan menteri yang terkait dengan setiap sasaran dan umumnya ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Instrumen, Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Akreditasi Paud

Instrumen akreditasi beserta kelengkapan operasionalnya disusun oleh BAN PAUD dan PNF. Instrumen akreditasi untuk penilaian kelayakan satuan pendidikan PAUD dan PNF digunakan untuk evaluasi diri, setidaknya dapat mengukur standar kelayakan minimal. Hasil akreditasi ini merupakan acuan bagi pemerintah yang juga bertindak sebagai pembina untukmempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan satuan pendidikan.

Tujuan dan Manfaat Akreditasi


Tujuan akreditasi untuk pemerintah adalah usaha pengendalian dan penjaminan mutu pendidikan. Akreditasi merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban publik pemerintah atas mutu program dan satuan PAUD dan PNF di wilayah Republik Indonesia. Dengan mendapatkan hasil peta mutu pendidikan yang berlangsung pemerintah dapat mengembangkan program-program pembinaan yang yang diperlukan bahkan sekaligus juga pengendalian yang perlu dilakukan agar pelakupelaku di bidang pendidikan turut serta dalam usaha memberikan layanan pendidikan dengan mutu yang baik.

Manfaat Akreditasi


Manfaat akreditasi antara lain:
  • Membangun budaya mutu secara berkelanjutan, terencana, dan kompetitif di tingkat kabupaten/kota, provinsi, regional, nasional, bahkan internasional;
  • Mendorong Satuan PAUD dan PNF agar selalu berupaya meningkatkan mutu program PAUD dan PNF;
  • Memanfaatkan semua informasi hasil akreditasi yang handal dan akurat sebagai umpan balik dalam upaya meningkatkan kinerjasatuanPAUD dan PNF;
  • Sebagai peta mutu pendidikan di satu wilayah dan secara nasional; dan
  • Dapat mengakses sumber daya pendidikan dari pemerintah dan masyarakat.

Instrumen, Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Akreditasi Paud Dan PNF


Berikut adalah Instrumen, Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Akreditasi Paud Dan PNF yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:


Demikianlah informasi tentang Instrumen, Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Akreditasi Paud, semoga bermanfaat!
Kami_Madrasah