Cara Sinkronisasi Simulasi UAMBN-BK Tahun 2019

Pada hari Senin tanggal 21 Januari akan dilaksanakan Simulasi perdana Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer atau UAMBN-BK Tahun Pelajaran 2018-2019. Untuk itu madrasah diharapkan untuk dapat mempersiapkan sarana serta prasarana yang dibutuhkan untuk melaksnakan Simulasi 1 tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman UAMBN-BK di alamat uambnbk.kemenag.go.id bahwa Untuk persiapan Simulasi 1, terdapat update aplikasi dengan penjelasan sebagai berikut :

Cara Sinkronisasi Simulasi UAMBN-BK

Perubahan Update Aplikasi di VDI UAMBN-BK

  1. Format cetak SHUAMBN baru.
  2. Perubahan penandatangan SHUAMBN (baik bergabung akreditasi ataupun bukan, tetap ditandatangani oleh Madrasah Penyelenggara/Mandiri)
  3. Penyesuaian mapel untuk UAMBN dari 5 ke 3.
  4. Perbaikan nilai rata-rata yang tidak muncul di app VDI.
  5. Penambahan fitur edit di Data Siswa, hanya untuk sebatas ganti password siswa.
  6. Tidak ada pemisahan Umum dan Keagamaan. (MA)
  7. Umum dan Keagamaan dalam satu sesi dan server dengan satu Kontrol Ujian. (MA)
  8. Progress Sinkron Soal yang lebih informatif.
  9. Penambahan fitur Backup di Menu Sinkron No. 9
  10. UPDATE INI AKAN MENGHAPUS SEMUA DATA YANG TELAH DILAKUKAN. Pastikan Anda melakukan update aplikasi kali ini hanya sekali dalam satu VDI. (kecuali ada instruksi selanjutnya)
  11. Sesuai nomor sebelumnya, harap setelah update aplikasi, Logout dan login kembali, untuk kemudian sinkron data.
Jika ragu, silakan menggunakan VDI yang masih kosong untuk update VDI kali ini. Agar VDI lama masih menyimpan data sebelumnya.

Dengan perubahan VDI tersebut, maka Langkah yg benar sebelum sinkron simulasi 1 ini adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan data madrasah (identitas data madrasah & status pelaksanaan) serta data peserta sudah benar di PDUM
  2. Untuk Madrasah penyelenggara/mandiri cek data peserta di UAMBN-BK online termasuk data peserta yg menggabung terutama kolom sesi & server(bila ada yg gabung)
  3. Bila masih ada kesalahan data perbaiki lagi di PDUM

PDUM merupakan Pangkalan Data Ujian Madrasah, sehingga perubahan data apapun yang berhubungan dengan pelaksanaan Ujian Madrasah haruslah dimulai dari pangkalnya, yakni PDUM. Oleh karenanya, jika di Madrasah terdapat perubahan atau penambahan data maka harus diawali dengan merubah atau menambahkan data di laman PDUM yang beralamat di Sikurma.kemenag.go.id/pdum. Nah berikut adalah langkah sinkronisasi Aplikasi UAMBN-BK dengan adanya Update Aplikasi VDI UAMBN-BK. Silahkan disimak.


Proses Sinkronisasi Simulasi UAMBN-BK Tahun 2019

  1. Login ke UAMBN-BK offline di Alamat IP 192.168.0.101
  2. Sinkron Nomor 8 dan lakukan update aplikasi (Wajib)
  3. Logout & login kembali
  4. Lakukan Sinkron Nomor 1,2,3,4 secara berurutan
  5. Baru Sinkron 5 & 6 (jika tersedia)
  6. Lewati Sinkron Nomor 7
  7. Setelah sinkron selesai, Cek data jadwal & siswa di offline. Pastikan sudah benar dan sudah muncul / tersedia Jadwal Simulasi (Jumlah soal, jumlah paket soal, durasi waktu) dan Untuk Siswa sudah muncul di Data siswa dan seluruh siswa sudah masuk,
  8. Langkah terakhir Cetak kartu peserta di offline setelah selesai Sinkron terakhir.
Jika proses sinkron dilakukan dengan benar, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

Cara sinkronisasi Simulasi UAMBNBK

Catatan: Setelah sinkronisasi dilakukan, akan muncul tombol BACKUP yang berfungsi untuk melakukan Backup Data VDI UAMBNBK, yang mana sangat direkomendasikan untuk dipergunakan sebagi backup data tiap selesai pelaksanaan Ujian.

Demikianlah informasi terkait Cara Sinkronisasi Simulasi UAMBN-BK Tahun 2019, semoga bermanfaat! Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

15 komentar

apa pengaruhnya jika kita tidak melakukan sinckron pada nomor 8 , dan hanya melakukan singkron 1 s.d 4

Banyak Sekali, antara lain jika tidak Update (poin 8): mapel untuk UAMBN dari 5 ke 3 tidak sesuai, artinya tetap 5 mapel, nilai rata-rata yang tidak muncul di app VDI, fitur edit di Data Siswa tidak ada,tidak adanya fitur Backup di Menu Sinkron No. 9. itu semua tidak akan ada jika tidak update.

Izin tanya admin uambnbk, kemarin saya berhasil sinkronisasi nya,data siswanya ada dan bisa cetak kartu, tapi tadi sore, saya coba cek kembali kok nama -nama siswa saya tidak ada?, Mohon..bantuannya.. terimakasih..

Lakukan sinkronisasi App VDI dengan Benar, dengan urutan sinkronisasi berikut; Nomor 8>1>2>3>4>5>6. jangan sampai poin 8 / update app VDI dilakukan dilangkah terakhir (1>2>3>4>5>6>8). karena Update data VDI dapat menghapus data sebelumnya.

MENGAPA SAAT SIMULASI SOAL TIDAK MUNCUL...
INI TERJADI DI BEBERAPA MADRASAH DI DAERAH KAMI...
SEMUA SUDAH SINGKRON DENGAN BENAR MULAI DARI 8 1 2 3 4... MASALAHNYA DIMANA KIRA KIRA

Sinkron Ulang Khusus pada Soal pakai Internet Explore. Logout dan kemudian login kembali dengan Google Chorem.

apa solusinya bila sinkron data no.4 berhenti ditengah jalan, muncul pesan tidak tervalidasi,sementara semua langkah diatas sdh dilakukan.

Cek data siswa di PDUM pak, apa pengisian dan penempatan sesi dan lain sebagainya sudah sesuai petunjuk.

Kalau kemari tidak ikut simulasi 1 dan lgsung ke simulasi 2, kira-kira kapan sinkronisasinya dilakukan?

Sinkronisasi untuk tiap simulasi sesuai jadwal, jadwa bisa di unduh di uambnbk.kemenag.go.id

Langkah awal untuk sinkron gimna ? Saya proktor baru

apa solusinya bila sinkron data no.4 berhenti ditengah jalan, muncul pesan tidak tervalidasi,sementara semua langkah diatas sdh dilakukan.

Untuk Panduan Sinkronisasi Simulasi 2 UAMBNBK silahkan kunjungi artikel terbaru kami Madrasah disini >> https://kamimadrasah.blogspot.com/2019/02/sinkronisasi-simulasi-uambn-bk-tahun-2019.html

selamat pagi admin:) sy mau tanya, kemarin sy sinkron tapi lupa gak sesuai urutan, sy sinkron poin 8 nya engga dilakukan pertama. ada pengaruh gak ya? atau apakah bisa mengulang sinkron dari awal lagi agar bisa sesuai urutan?

Ulangi sinkronisasi sesuai petunjuk.