Mengatasi Masalah Semester Genap ARD Madrasah 2018


Kami Madrasah – Sobat Kami Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, sangat terbuka dalam menghadapi generasi digital. Tuntutan publik terhadap mutu pendidikan semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Merespons tuntutan tersebut Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam meluncurkan Aplikasi Rapor Digital, yang diperuntukan bagi Madrasah diseluruh Indonesia.

Dengan Aplikasi Rapor Digital (ARD), Madrasah harus semakin maju dan terbuka terhadap dunia internet dan digital. Kecepatan penyebaran informasi terutama bagi siswa Madrasah, untuk mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting.

Mengatasi Masalah Semester Genap ARD Madrasah 2018


ARD ditujukan untuk untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal. Di sisi lain, ARD merupakan langkah dalam inovasi agar lembaga Madrasah semakin kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Sehingga kedepan Penilaian Hasil Belajar yang tertuang dalam ARD sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi, serta Madrasah kedepan turut serta dalam pelaksanaan e-Government, dan Clean Government.

Mengatasi ARD Madrasah Yang Sudah Semester Genap

Sobat Kami Madrasah Beberapa hari Terakhir, beberapa Operator Madrasah dibingungkan oleh Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang sudah tercantum Semester Genap meskipun sudah dilakukan Patch, khususnya bagi Madrasah Tsanawiyah (MTs). Nah kali ini, kami akan mencoba men-share solusi untum masalah tersebut yakni dengan cara melakukan Patch. 

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, sobat harus mengunduh Patch Semester yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:

Patch Semester ARD Madrasah

Langkah Memasang Patch Semester ARD Madrasah

Sobat Kami Madrasah dapat melakukan Patch Semester ARD Madrasah dengan mengikuti langkah berikut:
  1. Ekstrak File Patch Semester
  2. Copy folder MySQL
  3. Kemudian paste kan di folder C:/ARD
  4. Jika muncul notifikasi Replace klik Ok

Setelah melakukan Replace lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke Akun wali kelas
  2. Klik Siswa > lihat nilai, Jika sudah terinput > klik input catatan dan isi > Kemudian Save.
  3. Dan silahkan dilihat dan cek apakah Semester yang awalnya genap sudah berubah menjadi Ganjil.
Catatan: 
Saat Melakukan Patching PASTIKAN Aplikasi XAMPP dalam keadaan tertutup (Close)
Demikianlah informasi tentang Mengatasi Masalah Semester Genap ARD Madrasah 2018, semoga dapat membantu! Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

3 komentar

Semester Ganjil kan sudah selesai kalau ingin menginput nilai harian semester genap gmn?

iya sama kita juga ingin tahu cara merubah semester ganjil agar menjadi Genap kembali

sekarang semester ganjil mau mengisi yg semesrter genap gimana