Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi

Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi yakni aplikasi nilai raport berbasis excel yang dapat dipergunakan oleh guru untuk mengolah nilai hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan hasil ujian harian serta ujian-ujian lainnya.


Aplikasi Nilai Raport untuk jenjang SMP/MTs ini dipersiapkan untuk mengolah nilai ujian tiap mata pelajaran sebelum nilai tersebut menjadi nilai raport dan dimasukkan kedalam Laporan hasil belajar siswa.

Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi

Penilaian hasil belajar siswa tidak terpaku hanya hasil dari Ujian /tes tulis semata, namun juga dari hasil penugasan, pengayaan, remedial, sikap, dan lain sebagainya. Dimana semua indikator tersebut diolah oleh guru mata pelajaran melalui Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi untuk menghasilkan nilai raport sebagai laporan hasil belajar peserta didik. Pemeriksaan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi hal-hal berikut ini:

  • Skor lembar kerja siswa yang dilakukan oleh guru (tim guru) mata pelajaran.
  • Hasil skor penilaian (PAS/PAT/Ulangan Harian) digunakan untuk pengolahan nilai rapor.
  • Hasil penilaian aspek kognitif dan psikomotorik dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat, dan deskripsi.
  • Nilai Ujian Sekolah/Madrasah digunakan sebagai salah satu kriteria penentuan kelulusan.

Setelah melakukan kegiatan penilaian (PAS/PAT/Ulangan Harian), guru melakukan pengolahan hasil penilaian. Nilai digunakan sebagai salah satu komponen pengisian nilai rapor. Nilai setiap mata pelajaran di rapor dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimum.

Ketuntasan belajar dihitung dalam kurun waktu satu tahun ajaran. Jika terdapat mata pelajaran yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada semester 1 atau 2, maka dilakukan langkah-langkah berikut:
  • Menghitung rata-rata nilai mapel semester 1 dan semester 2.
  • Menghitung rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran tersebut pada semester 1 dan semester 2, selanjutnya dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) rata-rata. Jika hasil pada nilai rata-rata sama atau lebih dari nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), maka dinyatakan Tuntas. Namun sebaliknya jika nilai rata-rata kurang dari nilai rata-rata, maka dinyatakan Belum Tuntas, dan perlu diberikan remedial.

Download Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi


Berikut adalah Aplikasi Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi, bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkannya dapat mengunduhnya dalm tautan-tautan berikut ini:


Baca Juga: 

Demikianlah informasi terkait Aplikasi Nilai Raport Mata Pelajaran K13 MTs Revisi, semoga bermanfaat dan dapat membantu guru dalam mengolah nilai hasil ujian yang telah dilaksanakan.

8 komentar

MHN IJIN SY TERTARIK DENGAN APLIKASINYA SAYANG ADA PASWORDNYA JD TDK BS DI MODIFIKASI, ADAKAH PASWORDNYA

gumana caranya dapat paswordnya

gimana cara dapat paswordnya

ijin unduh pak,dan terima kasih sebelumnya

untuk mengurangi jumlah siswa gimana ya?

Silahkan di Unduh! Untuk mengerungai siswa, tinggal hapus saja siswanya dengan tombol Del.

Terimakasih Bapak, saya mohon ijin mengunduh.

Apakah kita bisa melihat nilai raport ketika kita sudah tamat dari jenjang tertentu?

paswordnya apa ya pak? buat memodifikasi