Download Contoh Soal Bahasa Jawa K13 SMP/MTs Terbaru

Kami Madrasah - Mata pelajaran bahasa daerah (jawa) merupakan mata pelajaran muatan lokal yang diajarkan di satuan-satuan pendidikan yang memiliki kebudayaan jawa disekitar lingkungan satuan pendidikan tersebut.

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia yang memiliki status dan kedudukan yang amat penting. Oleh karena itu bahasa Jawa mempunyai hak sepenuhnya untuk dihormati dan dipelihara oleh negara.

Dalam realisasinya, bentuk penghormatan dan pemeliharaan terhadap bahasa itu salah satunya ialah dengan memasukkan bahasa Jawa sebagai mata pelajaran di sekolah-sekolah (formal) yang wilayahnya termasuk penutur bahasa Jawa.

Pengimplementasian Kurikulum 2013 Mulok Bahasa Jawa bertujuan agar peserta memiliki kompetensi sebagai berikut:
  • Menjaga dan memelihara kelestarian bahasa, sastra, dan aksara Jawa sehingga menjadi faktor penting untuk peneguhan jatidiri daerah;
  • Menyelaraskan fungsi bahasa, sastra, dan aksara Jawa dalam kehidupan masyarakat sejalan dengan arah pembinaan bahasa Indonesia;
  • Mengenali nilai-nilai estetika, etika, moral dan spiritual yang terkandung dalam budaya Jawa untuk di dayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional; dan
  • Mendayagunakan bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai wahana untuk pembangunan karakter dan budi pekerti.

Soal Bahasa Jawa SMP/MTs Terbaru

Arah pembelajaran bahasa Jawa adalah untuk (1) menyelaraskan keberadaan bahasa, sastra, dan aksara Jawa sebagai unsur kebudayaan Jawa untuk mewujudkan keadaan masyarakat yang lebih berbudaya dan (2) menggali nilai-nilai yang terkandung dalam bahasa, sastra, dan aksara Jawa, sebagai bahan masukan untuk pembangunan karakter dan ketahanan budaya.

Download Contoh Soal Bahasa Jawa SMP/MTs Terbaru


Sobat Kami Madrasah berikut merupakan contoh soal Bahasa Jawa untuk SMP/MTs untuk kelas 7 8 dan 9 yang dapat sobat download pada tautan berikut:


Demikian informasi tentang Download Contoh Soal Bahasa Jawa SMP/MTs Terbaru, semoga membawa manfaat untuk sobat guru bahasa jawa semua.

22 komentar

Alhamdulillah, silahkan di unduh.

Itu semester berapa dann bab apa ya???
Terima kasih:)

Terimakasih.sangat bermsnfaat

KUNCI JAWABANNYA ADA?

terima kasih yaa... semoga berkah

terima kasih atas postingannya. Lagi cari contoh soal B. jawa. Keep posting. Thanks

Sama-sama, semoga bermanfaat.

Matur nuwun ...semoga barokah

mungkin bisa disertakan kunci jawabannya

Terima kasih sudah berkunjung

Admin Bloger: Bisa, silahkan di coba.