Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Standar Dokumen Administrasi Madrasah ini disusun oleh Direktorat KSKK Madrasah yang bertujuan untuk menguatkan sistem pengelolaan administrasi pada satuan pendidikan madrasah, sehingga dapat mewujudkan pengelola dan tata kelola administrasi madrasah yang modern, transparan, dan akuntabel.

Akuntabilitas tata kelola administrasi madrasah merupakan sebuah keniscayaan dan tuntutan mutlak untuk mewujudkan nilai-nilai pengelolaan administrasi yang baik pada pendidikan madrasah. Dalam konteks pendidikan madrasah, pengelolaan administrasi yang baik dan akuntabel menjadi salah satu pilar penting bagi upaya untuk mengingkatkan mutu pendidikan madrasah.


Baca Juga: Contoh SK Tim Pengembang Madrasah Update

Beranjak dari hal tersebut, buku Pedoman Standar Administrasi Madrasah ini bertujuan memberikan pedoman alternatif bagi Madrasah untuk memenuhi standar tata kelola administrasi modern yang lebih tertib, transparan, dan akuntabel sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Standar Dokumen Administrasi Madrasah

Secara lebih spesifik, Standar Dokumen Administrasi Madrasah ini diharapkan dapat membantu Madrasah dalam upaya mencapai hasil akreditasi yang berkualitas, terutama dari sisi manajemen administrasi madrasah yang modern dan akuntabel.


Di dalam buku standar dokumen administrasi madrasah ini berisi sejumlah dokumen standar minimal yang terdiri dari 6 aspek administrasi madrasah, yaitu:
  • Administrasi kurikulum
  • Administrasi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Administrasi bimbingan konseling dan kesiswaan
  • Administrasi sarana prasarana
  • Administrasi keuangan, dan
  • Administrasi tata usaha dan tata persuratan.

Contoh Format Administrasi Madrasah yang ada dalam buku Standar Dokumen Administrasi Madrasah ini bukanlah format baku, tetapi contoh format minimal yang bersifat fleksibel yang dapat disesuaikan dan dikembangkan kembali oleh madrasah sesuai dengan kondisi, kebutuhan, dan karakteristik madrasah.

Download Standar Dokumen Administrasi Madrasah


Silahkan unduh buku standar dokumen administrasi madrasah bagi bapak/ibu petugas administrasi madrasah yang membutuhkan disini: Unduh File.


Diharpkan buku pedoman ini dapat bermanfaat dan menjadi rujukan bagi madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Madrasah melalui peningkatan layanan administrasi dan tata kelola madrasah yang transparan dan akuntabel.

Demikianlah informasi terkait Standar Dokumen Administrasi Madrasah, semoga ada guna dan manfaatnya.
Kami_Madrasah