[RESENSI BUKU] Menilik Pendidikan Karakter Melalui Sudut Pandang Islam

Keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuannya tidak hanya ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Bahkan ada yang mengtakan bahwa “bangsa yang besar dapat dilihat dari kualitas / karakter bangsa (manusia) itu sendiri.

Sedangkan pensdidikan akhlak sebagaimana dirumuskan oleh Ibn Miskawaih dan dikutip oleh Abudin Nata, merupakan upaya kearah terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara sepontan lahirnya perbuatan-perbuatan yang bernilai baik dari seseorang.

Dari uraian diatas, menurut kami buku ini menaraik untuk direview yang kegunaannya untuk memberikan informasi kepada teman-teman mahasiswa tentang buku pendidikan karakter, sebagaimana pendidikan berkarakter yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan.

[RESENSI BUKU] Pendidikan Karakter

GARIS BESAR ISI BUKU


Buku ini menguraikan tentang bagaimana konsep dasar pendidikan karakter itu, tinjaun islam tentang pendidikan karakter, strategi dan pendekatan apa yang dipakai dalam pendidikan karakter dan bagaimana implementasinya dalam proses pembelajaran. Yang dapat diuraikan sebagai berikut:

KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER


Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam kesatuan esensial si subyek dengan perilaku dan sikap hidup yang dimilikinya. Bagi foerster, karakter merupakan sesuatu yang mengualifikasi seorang pribadi. 

Karakter menjadi identitas yang mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur .

Karakter adalah watak, sifat, atau hal-hal yang sangat abstrak yang ada pada diri seseorang. Sering orang menyebutnya dengan watak atau perangai. Karakter dalam pandangan islam sama dengan akhlak. Akhlak dalam pandangan islam ialah kepribadian, yang mempunyai tiga komponen yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku.

Dengan pendidikan karakter, seseorang diharapkan mampu mempunyai kepribadian yang utuh, yakni bila pengetahuan sama dengan sikap dan sama dengan perilaku.

Esensi Pendidikan Karakter


Tujuan Pendidikan Karakter


Dalam sejarah islam Muhammad SAW sang Nabi terakhir dalam ajaran islam, juga menegaskan bahwa misi utamanya dalam mendidik manusia adalah untuk mengupayakan pembentukan karakter yang baik (good character). Pakar pendidikan indonesia, Fuad Hasan, dengan tesis pendidikan yakni pembudayaan, juga ingin menyampaikan hal yang sama dengan Muhammad SAW. Menurutnya pendidikan bermuara pada pengalihan nilai-nilai budaya dan norma-norma sosial (transmission of cultural values and social norms).

Pemaparan pandangan tokoh diatas menunjukkan bahwa pendidikan sebagai nilai universal kehidupan memiliki tujuan pokok yang disepakati dalam setiap zaman, pada setiap kawasan, dan dalam semua pemikiran. dengan bahasa sederhana, tujuan yang disepaki itu ialah merubah manusia menjadi lebih baik dalam pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Pilar-pilar Pendidikan Karakter; (1) Moral Knowling, yakni pengetahuan tentang kebaikan. Salah satu penyebab ketidakmampuan seseorang berlaku baik meskipun ia telah memiliki pengetahuan tentang kebaikan karena ia tidak terlatih untuk melakukan kebaikan.

Oleh karena itu Alloh Menganugrahi manusia dengan Pendengaran dan penglihatan sebagi alat untuk memperoleh pengetahuan, sebagaimana firmannya: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. ( Q.S An-Nahl: 78), (2) Moral Loving Atau Moral Living, yakni merupakan penguatan aspek emosi siswa untuk menjadi manusia berkarakter.

Penguatan ini berkaitan dengan bentuk sikap yang harus dirasakan oleh siswa, yaitu kesadaran akan jati diri, yaitu: percaya diri (Self esteem), kepekaan terhadap derita orang lain (emphaty), cinta kebenaran (Loving the good), pengendalian diri (self control), kerendahan hati (humility). Bersikap ialah keberanian untuk memilih secara sadar, (3) Moral Doing / Action, yakni keterampilan atau kemampuan, setelah dua aspek diatas terpenuhi maka moral Acting sebagai outcome akan dengan mudah muncul dari para siswa.

Tinjaun Islam Tentang Pendidikan Karakter


Dalam islam, akhlak menempati kedudukan penting dan dianggap memilik fungsi yang vital dalam memandu kehidupan masyarakat. Sebagaimana firman Alloh: Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S An-Nahl 90)

Pendidikan akhlak dalam islam diperuntukkan untuk manusia yang merindukan kebahagiaan yang hakiki bukan kebahagian semu. Akhlak islam adalah akhlak yang benar-benar memelihara eksistensi manusia sebagai mahkluk terhormat sesuai dengan fitrahnya.

Strategi Dan Model Pendekatan Pendidikan Karakter


Untuk mengimplementasikan pendidikan karakter disekolah terdapat tiga elemen penting untuk dperhatikan, yaitu prinsip, proses, dan praktikya. Dalam pendidikan karakter menuju terbentuknya akhlak mulia dalam diri siswa ada tiga tahapan strategi yang harus dilalui, diantaranya ialah; Moral Knowing / Lerning to know, Moral Loving, Moral Doing / Learning to do.
  • Model Internalisasi Pendidikan; Model pembelajaran dapat muncul dalam beragam bentuk dan variasinya sesuai dengan landasan filosofis dan paedagogis yang melatar belakanginya.
  • Model Tadzkiroh; Konsep Tadzkiroh dipandang oleh penulis sebagai model yang dapat menghantarkan murid agar senantiasa memupuk, memelihara dan menumbuhkan keimanan agar mendapat wujud konkritnya yaitu amal saleh yang dibingkai dengan ibadah yang ikhlas sehingga melahirkan suasana hati yang lapang dan ridho atas ketetapan Alloh. Alloh berfirman; Sekali-kali tidak demikian halnya. Sesungguhnya Al Quran itu adalah peringatan, Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia mengambil pelajaran daripadanya (Al Quran).( AlMusdatsir: 54 -55).
  1. Tunjukan Teladan; Konsep keteladanan ini sudah diberikan dengan cara Alloh mengutus Nabi S.A.W untuk menjadi panutan yang baik bagi umat islam. Allah Berfirman; Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Al-Ahzab: 21).
  2. Arahkan (Berikan Bimbingan); Bimbingan dan Latihan dilakukan secara bertahap dengan melihat kemampuan yang dimiliki anak untuk kemudian ditingkatkan perlahan-lahan. Rasululloh Bersabda; Barang siapa diserahi tanggung jawab dalam pemeliharaan (keluarga atau kaum muslim keseluruhan) tetapi lalai membimbing dengan nasihat, maka ia akan dihalangi masuk surga (H.R Baihaqy dalam kitab Suabul Iman 6/14 hal: 7364).
  3. Dorongan; Motivasi adalah kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan mencapai tujuan, misalnya kebutuhan seseorang untuk makan mendorong seseorang untuk bekerja. Dorongan harus senantiasa diberikan terhadap anak-anak yang ada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan agar tidak lekas merasa bersalah, rendah diri bahkan frustasi ketika menuai hambatan atau kegagalan.
  4. Zakiyah (Murni, Suci, Bersih); Allah berfirman : Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa ituDan Sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.(QS 91: 9-10). Dengan demikian guru, dalam hal ini guru agama islam harus senantiasa dituntut memasukkan nilai-nilai batiniyyah kepada anak dalam proses pembelajran. Niat, ikhlas, ridha itu ada didalam hati dan itu akan lahir manakala hatinya disentuh.
  5. Kontinuitas (Sebuah Proses Pembiasaan Dalam Belajar, Bersikap, Dan Berbuat); Al-Qur’an menjadikan kebiasaan itu sebagai salah satu tehnik atau metode pendidikan. Al-Qur’an mempergunakan cara bertahap dalam menciptakan kebiasaan baik, begitu juga dalam menghilangkan kebiasaan buruk pada diri seseorang.
  6. Ingatkan; Allah berfirman dalam al-Qur'an: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, Hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS 13: 38). Oleh karena itu, dalam pembelajaran PAI guru harus senantiasa mengingatkan siswa bahwa mereka diawasi oleh Alloh SWT. Sehingga siswa akan senantiasa menjaga perilakunya dari perbuatan tercela.
  7. Repetition (Pengulangan); Pendidikan yang efektif dilakukan berulang kali sehingga anak menjadi mengerti. Pelajaran atau nasihat apapun perlu dilakukan berulang kali, sehingga mudah dipahami oleh anak.
  8. Organisasikan; Guru harus mampu mengorganisasikan pengetahuan dan pengalaman yang sudah diperoleh siswa diluar sekolah dengan pengalaman yang sudah diperoleh siswa diluar sekolah dengan pengalaman belajar yang diberikannya. Rasululloh bersabda, “ barang siapa yang memiliki anak yang masih kecil, maka gaulilah mereka dengan tingkat akal mereka” (H.R Ibnu Asakirdan Ibn Badawih dari Muawiyyah).
  9. Heart (Hati); Guru harus mampu membangkitkan dan membimbing kekuatan spiritual yang sudah ada pada diri muridnya, sehingga hatinya akan tetap bening, laksana bersih bagaikan cermin, itulah hati orang-orang yang beriman dan beramal saleh.Allah berfirman; Dan tetaplah memberi peringatan, Karena Sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.( QS Al-Dzariyat: 55) Dan “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang Telah turun (kepada mereka)”, ( QS Al-Hadid: 16)

IMPLEMENTASI MODEL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER


Pada Pembahasan Implementasi Model Dalam Pembentukan Karakter ini pembaca akan disuguhi beberapa bahasan,diantaranya ialah: (1) Cara dan tehnik dalam pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berkarakter, (2) Standar Kompetensi lulusan dan Nilai / karakter yang dikembangkan pada tingkat MI, MTs, dan MA, (3) Metode pendukung implementasi model.

PENUTUP


Dari buku ini kita dapat mengambil kesimpulan diantaranya ialah; (1) Buku ini sangat bagus sebagai pengenalan untuk guru dan para mahasiswa PAI khususnya untuk mengenal lebih jauh pendidikan karakter, (2) Dengan membaca buku ini, kita tahu pendidikan karakter dengan berlandaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits. Dan semoga Review ini bermanfaat untuk kita semua.


Judul Buku : Pendidikan Karakter Perspektif Islam
Penulis : Abdul Majid, S.Ag, M.Pd – Dian Andayani, S.Pd, M.Pd
Penerbit : PT. Remaja Rosda Karya
Har : -
Tebal : 232 Halaman (Beserta Sampul)
Tahun Terbit : Mei 2011
Cetakan : Pertama