Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update]

Aplikasi SIAP-BK kini telah hadir dengan versi baru yakni 2.5 yang secara resmi di luncurkan pada tahun 2022. Aplikasi disedikan untuk guru Bimbingan dan Konseling (BK) ini dapat dipakai secara gratis oleh guru BK di satuan pendidikan Madrasah.

SIAP-BK adalah aplikasi informasi administrasi pelayanan Bimbingan dan Konseling yang dibuat dan di kembangkan oleh Zainal Muttaqin, S. Pd., M. Psi, bersama dengan tim MGBK Kemenag Lamongan.

Aplikasi yang direkomendasikan oleh Kanwil Kemenag Jatim untuk dipakai dan dimanfaatkan guru BK Madrasah ini telah disesuaikan dengan regulasi Bimbingan Konseling Madrasah yakni Permendikbud 111 Tahun 2014 dan KMA Nomor 890 Tahun 2019 terkait Beban Kerja Guru Madrasah.


Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update]

Sehingga dengan menggunakan Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update] segala administrasi dan pengelolaan layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah dapat dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku.

Layanan BK merupakan upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk memfasilitasi perkembangan siswa untuk mencapai kemandirian.

Kemandirian tersebut dalam wujud kemampuan memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan, serta merealisasikan dirinya secara bertanggung jawab.

Karena pelayanan Bimbingan dan Konseling (BK) diberikan di Madrasah, maka pelayanan bimbingan dan konseling yang diharapkan adalah pelayanan BK yang terintegrasi dengan nilai nilai keislaman.

Aplikasi SIAP-BK versi 2.5 Tahun 2022 ini diharapkan dapat membantu guru BK terutama pada Madrasah untuk dapat memberikan layanan yang maksimal serta dapat melakukan administrasi layanan BK sesuai dengan standar administrasi pelayanan Bimbingan Konseling.

Terdapat pembaharuan dalam aplikasi SIAP-BK versi 2.5 ini antara lain adalah penggunaan SIAP-BK untuk tiap provinsi, sehingga SIAP-BK 2022 ini berbeda untuk tiap provinsinya.

Download Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update]


Penggunaan aplikasi SIAP-BK versi 2.5 Tahun 2022 [Update] ini memiliki form upload data siswa yang berbeda dengan versi sebelumnya, sehingga dalam mengupload data siswa harus menggunakan form data siswa khusus untuk SIAP-BK 2022.

silahkan unduh Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update] melalui tautan berikut ini:

  • Panduan Penggunaan Aplikasi SIAP-BK Unduh
  • Form Data Siswa SIAP-BK versi 2.5 Tahun 2022 Unduh
  • Aplikasi SIAP-BK versi 2.5 Tahun 2022 [Update] Unduh

Demikianlah informasi tentang Aplikasi SIAP-BK Versi 2.5 Tahun 2022 [Update], semoga dapat memberikan guna dan manfaat untuk guru Bimbingan dan Konseling.