Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MI MTs dan MA

Kurikulum Merdeka menjadi perangkat dan upaya baru oleh pemerintah untuk pendidikan di Indonesia, perangkat dan sistem tersebut salah satunya dengan perubahan dalam alokasi waktu dan jumlah jam tatap muka (JTM) pada implementasi kurikulum merdeka pada jenjang MI, MTs, dan MA.

Alokasi jam tatap muka (JTM) Kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya, hal tersebut sebagaimana di atur di dalam KMA 347 Tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka diseluruh satuan pendidikan madrasah dibawah Kementerian Agama RI.


Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MI MTs dan MA

Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini terdapat 223 Raudlatul Athfal (RA), 1010 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 740 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 498 Madrasah Aliyah (MA) yang menyelenggarakan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka.

Hal tersebut sebagaimana SK Dirjen Pendis Nomor 3811 Tahun 2022 tentang Madrasah pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023, silahkan unduh SK Dirjen Pendis tentang penetapan madrasah pelaksana kurikulum merdeka disini.

Kurikulum merdeka sebelumnya adalah kurikulum prototype yang digunakan untuk pemulihan pembelajaran pasca gelombang besar covid-19 yang melumpuhkan dunia pendidikan termasuk di Indonesia, sehingga menuntut seluruh satuan pendidikan menutup sekolah dan menyelenggarakan pembelajaran secara online/daring.

Baca Juga: RPP Pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dan kini, mulai tahun ajaran 2022/2023, kurikulum merdeka mulai diterapkan pada madrasah piloting/percontohan dan diharapkan pada tahun 2024, seluruh madrasah sudah dapat menerapkan kurikulum merdeka ini.

Salah satu perbedaan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013 adalah terkait alokasi waktu atau alokasi JTM tiap mapel yang sangat berbeda. Lalu, bagaimanakah Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MI MTs dan MA? Silahkan simak dalam keterangan berikut ini.

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MI
Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MI

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MTs
Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MTs

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Madrasah Aliyah (MA)

Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MA
Alokasi JTM Kurikulum Merdeka Jenjang MA

Itulah tadi Alokasi JTM Kurikulum merdeka MI, MTs, dan MA sebagaimana ditetapkan melalui KMA 347 Tahun 2022 yang secara resmi sebagai landasan hukum implementasi kurikulum merdeka pada madrasah.