Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) Madrasah

Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) di butuhkan oleh Sekolah/Madrasah jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA yang akan mengajukan permohonan bantuan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

sarana pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung menunjang proses pendidikan khusunya proses Pembelajaran. Sarana dalam pendidikan seperti meja, kursi, alat peraga pembelajaran, media pembelajaran di kelas, Buku, LCD Proyektor, Perangkat Komputer, Wifi, dan lain sebagainya.


Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) Madrasah

Sedangkan yang dimaksud prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang terselenggaranya proses belajar mengajar dan tidak bergerak, seperti Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Ruang Laboratorium, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah/Madrasah, Kamar Mandi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Pengajuan Sarpras Madrasah PUSDATA-SPM Kemenag

Seiring berjalannya waktu, sekolah/madrasah menemui kendala biaya dalam proses pengadaan sarana prasarana sehingga hal tersebut membuat sekolah harus mencari donator untuk memenuhi kebutuhan dan melengkapai sarana prasarana.

Oleh karena itu, Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) dapat membantu sekolah/madrasah dalam membuat dan menyusun proposal bantuan sarana prasarana untuk diajukan kepada Pemerintah, lembaga, atau perseorangan.

Baca Juga: Contoh Rencana Pengeluaran Anggaran (RAP) Pembangunan RKB

Sebelum pengajuan permohonan Bantuan Sarpras Madrasah, terlebih dahulu harus melalui rencana dan penentuan kebutuhan seperti rencana pembelian, rencana rehabilitas, rencana distribusi, rencana sewa, dan rencana pembuatan.

Selain itu, kebutuhan akan Sarana Prasarana harus didasarkan atas Evaluasi Diri Madrasah (EDM) atau Evaluasi Diri Sekolah (EDS), sehingga nantinya pengajuan bantuan dengan Proposal Sarpras ini akan sesuai dengan kebutuhan yang paling dibutuhkan.

Baca Juga: Contoh Proposal Bantuan Ruang Lab Komputer Terbaru

Mengingat pentingnya sarana prasarana (Sarpras) dalam kegiatan pembelajaran, maka peserta didik, guru dan sekolah akan terkait secara langsung dengan tersedianya Sarpras Sekolah ini.

Peserta didik akan mendapatkan dukungan dalam pembelajaran. Hal tersebut karena tidak semua siswa mempunyai tingkat kecerdasan yang sama, sehingga penggunaan sarana prasarana pembelajaran akan membantu siswa, khususnya yang memiliki kelemahan dalam pembelajaran.

Guru akan terbantu dengan dukungan fasilitas sarana prasarana yang lengkap, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih variatif, menarik dan bermakna.

Baca Juga: Bantuan Sarana Prasarana (SIMSARPRAS) Madrasah Terbaru

Sedangkan sekolah/madrasah berkewajiban sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang diselenggarakan. Selain menyediakan, sekolah/madrasah juga merawat dan menjaga sarana prasarana (Sarpras) yang telah di miliki.

Download Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) Sekolah/Madrasah


Dalam contoh Proposal Sarpras Sekolah/Madrasah berikut ini terdiri dari beberapa file, yaitu:

  • Sampul (Cover)
  • Surat Permohonan Bantuan Sarpras
  • Isi Proposal Sarana Prasarana
  • Surat Pernyataan kesediaan menerima dan melaksanakan bantuan baik secara tunai/barang dan menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)
  • Surat Permohonan Rekomendasi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan contoh format Proposal Sarpras (Sarana Prasarana) Sekolah atau Madrasah, silahkan dapat mengunduhnya melalui tautan berikut ini:

  • Sampul/Cover Proposal Unduh
  • Surat Permohonan Bantuan Unduh
  • Lembar isi Proposal Unduh
  • Surat Pernyataan Unduh
  • Surat Permohonan Rekomendasi proposal Unduh

Demikian informasi tentang Proposal Sarana Prasarana (Sarpras) Sekolah/Madrasah terbaru, semoga dapat bermanfaat.
Kami_Madrasah