Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua

Sekolah wajib memberitahukan kepada orang tua/wali siswa perihal terpilihnya siswa menjadi peserta Asesmen Nasional dengan Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK.

Keikutsertaan siswa menjadi peserta Asesmen Nasional (ANBK) dipilih oleh pusat secara random by sistem. Oleh karena itu, tiap siswa pada satuan pendidikan tidak otomatis menjadi peserta Asesmen Nasional.

Pemberitahuan dari sekolah kepada orang tua/wali peserta didik tentang keikutsertaan putra putrinya dalam mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).


Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik

Format Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua/wali Peserta Didik ini juga telah di cantumkan pada POS asesmen Nasional Tahun 2022.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Asesmen Nasional Terbaru

Dalam Surat Pemberitahuan keikutsertaan siswa menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini, terdapat 8 poin yang disampaikan kepada orang tua/wali peserta didik, berikut adalah rangkuman isi surat tersebut:

  1. Putra / Putri Bapak / Ibu terpilih secara acak untuk menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).
  2. Asesmen Nasional bertujuan sebagai memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara Pendidikan dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan. 
  3. Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak memiliki konsekuensi terhadap peserta didik yang menjadi peserta Asesmen Nasional. 
  4. Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hanya akan menampilkan skor pada tingkat sekolah ,bukan skor individu peserta didik .
  5. Peserta didik yang menjadi peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tidak perlu melakukan atau latihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil Asesmen Nasional.
  6. Sebagai peserta Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Putra /Putri Bapak / Ibu di harap mengikuti gladi bersih dan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal yang telah ditetapkan .
  7. Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.
  8. Apabila putra /putri Bapak /ibu memiliki penyakit komordbid/penyerta atau tidak memiliki fasilitas untuk melakukan perjalanan secara aman kesekolah, mohon agar menginformasikan kepada kami sebelum pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Download Surat Pemberitahuan Mengikuti Asesmen Nasional (AN) Kepada Orang Tua


Bagi panitia ANBK di tingkat sekolah/madrasah yang membutuhkan Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik, silahkan download disini: Unduh File.

Dari Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik tersebut dapat disimpulkan bahwa Orang tua/Wali peserta didik perlu mengetahui bahwa hasil Asesmen Nasional tidak menimbulkan akibat apapun bagi siswa, sehingga orang tua/wali tidak perlu mempersipkan putra putrinya secara khusus dan AN dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Demikianlah informasi tentang Surat Pemberitahuan Mengikuti ANBK Kepada Orang Tua Peserta Didik, semoga dapat memberikan guna dan manfaat.