Cara Install RDM Versi XAMPP di Laptop/PC

Raport Digital Madrasah (RDM) dihadirkan untuk penyempurnaan dari Aplikasi Raport Digital (ARD) yang terintegrasi dengan Emis dan E-learning Madrasah yang sebelumnya telah dipakai oleh satuan pendidikan Madrasah.

RDM merupakan aplikasi raport berbasis xampp/installer, VDI dan hosting yang dapat dipergunakan oleh Madrasah untuk penilaian hasil belajar siswa.

Raport Digital Madrasah (RDM) dapat digunakan oleh Madrasah secara gratis. Madrasah dapat memilih salah satu dari 3 versi RDM, yakni RDM versi xampp/installer, RDM versi VDI, atau RDM versi hosting untuk dipergunakan sebagai aplikasi penilaiannya.


Baca Juga: e-Learning Madrasah Kemenag

RDM versi XAMPP dan VDI ini dapat digunakan di Laptop/PC secara offline dengan spesifikasi sebagai berikut: Operating System (OS) Windows 64 bit, Laptop/PC telah terinstall Microsoft Visual C++ 2015.

Penggunaan Raport Digital Madrasah (RDM) oleh Madrasah ini didasarkan pada Surat Edaran (SE) Ditjen Pendis Kemenag Tertanggal 11 Juni 2021, yang ditanda tangani oleh M. Ishom selaku Direktur KSKK Madrasah, silahkan unduh Surat Edarannya disini.

Dalam Surat Edaran (SE) terkait Raport Digital Madrasah tersebut dijelaskan bahwa RDM merupakan aplikasi penilaian yang dikembangkan dari ARD (Aplikasi Raport Digital) dan RDM ini baru akan mulai diterapakan pada semester 1 (ganjil) Tahun 2022.

Cara Install RDM Versi XAMPP

Download RDM Kemenag Versi XAMPP/Installer


Raport Digital Madrasah (RDM) Kemenag tersedia untuk digunakan dalam 3 versi pemakaian, yakni menggunakan VDI, XAMPP/Installer, dan Hosting. Silahkan pilih dan unduh versi yang akan digunakan dalam tautan berikut ini: Download RDM Kemenag Versi XAMPP/Installer.


Untuk cara pemakaian dari ketiga versi tersebut, Bapak/Ibu dapat melihat tutorialnya disini: Cara Instalasi RDM Kemenag Video Lihat.

Cara Installasi RDM Versi XAMPP di PC/Laptop


Cara Instal RDM versi XAMPP ini sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan koneksi internet, sehingga Raport Digital Madrasah (RDM) versi XAMPP ini dapat di install secara offline.

Untuk dapat menggunakan Raport Digital Madrasah (RDM) versi XAMPP, spesifikasi PC/Laptop yang digunakan harus menggunakan system Operasi Windows 64 Bit (OS WIndows 64 Bit). Sebelum melakukan proses install RDM versi XAMPP, silahkan periksa terlebih dahulu PC/Laptop yang akan digunakan.

Bagi Bapak/Ibu yang akan menggunakan RDM versi XAMPP/Installer, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh terlebih dahulu RDM versi XAMPP Disini (115 MB)
  2. Klik kanan Installer RDM versi XAMPP yang telah diunduh > Klik Run as Administrator dan klik Allow pada notifikasi yang muncul (silahkan lihat gambar berikut)
    Cara Install RDM Versi XAMPP
    Klik Kanan dan Pilih RUN As Administrator
  3. Setelah itu akan muncul jendela notifikasi untuk melakukan proses Install RDM versi XAMPP, Klik Install dan tunggu hingga proses install selesai.
    Cara Install RDM Versi XAMPP
    Klik Install untuk mulai melakukan Instalasi RDM
  4. Jika proses Install selesai, Klik Finish dan RDM versi XAMPP akan terbuka secara otomatis di browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, atau yang lainnya) dan mengarahkan ke laman Registrasi RDM.
    Cara Install RDM Versi XAMPP
    Klik Finish
  5. Selesai, pada tahap ini Bapak/Ibu perlu melakukan registrasi aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) untuk dapat mengakses RDM secara full. Untuk dapat melakukan registrasi Bapak/Ibu perlu berkoordinasi dengan Helpdesk (HD) ditingkat Kab/Kota masing-masing untuk mendapatkan TOKEN RDM.

Demikianlah informasi tentang Cara Install Raport Digital Madrasah (RDM) Versi XAMPP, semoga dapat bermanfaat dan memudahkan Bapak/Ibu dalam menggunakan RDM yang menjadi pengembangan Aplikasi Raport Digital (RDM).
Kami_Madrasah