Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI di Masa Darurat Covid-19

Jadwal Pembelajaran Online (Daring) untuk tingkat SD/MI pada Masa Darurat Covid-19 tentu berbeda dengan jadwal proses pembelajaran pada masa normal. Dalam masa normal pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka dan jam tatap muka (JTM) dapat dilaksanakan oleh guru.

Namun pada masa darurat pandemi Covid-19 ini, Pembelajaran harus dilaksanakan secara daring/online atau Belajar dari Rumah (BDR). Sehingga jadwal pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Proses pembelajaran dari rumah (BDR) atau belajar secara online/daring mengacu pada kurikulum darurat madrasah atau kurikulum darurat kemdikbud. Kurikulum darurat ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengelola proses pembelajaran daring/BDR.


Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI

Namun meskipun proses pembelajaran mengacu pada kurikulum darurat, tetap dapat mencapai Kompetensi inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), serta tujuan pembelajaran, dan tentu saja bagaimana proses pembelajaran tetap bermakna.

Baca Juga: Contoh Laporan Pembelajaran Online (Daring)

Guru dapat menyusun jadwal pembelajaran dari rumah (BDR) dengan mengacu pada buku atau materi yang sudah ada serta dibagi kedalam 1 (satu) minggu pembelajaran, dengan 1 (satu) hari dipergunakan untuk proses pembelajaran Proyek Literasi atau Proyek Numerasi.

Baca Juga: RPP Online (Daring) MI Kelas 4 5 6 Kurikulum 2013

Bentuk Kegiatan proyek Literasi (105 menit per hari) didalam Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI di Masa Darurat Covid-19 dapat berupa kegiatan-kegiatan seperti:

  1. Pesan Pagi: menjawab pertanyaan harian
  2. Ayo Membaca: membaca buku pada modul
  3. Kata Baruku: makna kata baru
  4. Ayo Menulis: berlatih menulis
  5. Ayo bercerita: menyajikan tulisan secara lisan
  6. Ayo Berlatih: melatih pemahaman akan kata baru
  7. Jurnal Bacaku: mencatat informasi dan komentar
  8. Refleksiku: mengisi lembar refleksi

Sedangkan untuk bentuk kegiatan Numerasi (90 menit perhari) di Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI di Masa Darurat Covid-19, dapat berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti:

  1. Intuisi Bilangan: membilang dan memperkirakan banyaknya benda pada gambar
  2. Konsep Matematika: membedakan bentuk dan ukuran.
  3. Eksplorasi matematika: menemukan pola jaring-jaring

Selengkapnya tentang contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI di Masa Darurat Covid-19 dapat dilihat pada akhir artikel ini.

Download Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI


Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD-MI ini diperoleh dari penyesuaian kebijakan proses pembelajaran di masa pandemic covid-19, silahkan Bapak/Ibu dapat mengunduhnya melalui tautan berikut: UNDUH FILE.

Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI ini dapat disesuaikan sesuai dengan mata pelajaran, materi serta factor-faktor pendukung lainnya, sehingga Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI pada masa pandemi Covid-19 ini tidak baku.

Demikianlah informasi tentang Contoh Jadwal Pembelajaran Online (Daring) SD/MI, semoga dapat membantu serta memudahkan guru dalam menyusun jadwal pembelajaran online (daring) atau Belajar dari Rumah (BDR).
Kamimadrasah