RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013

RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 merupakan kelengkapan berkas pendukung pembelajaran yang selayaknya dimiliki oleh seorang guru mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan adanya rencana pelaksanaan pembelajaran yang dimiliki setidaknya dapat diketahui arah pembelajaran selama 1 (satu) tahun kedepan.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang memuat antara lain; Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Metode Pembelajaran, Waktu Peembelajaran, Penilaian Pembelajaran, dan lain sebagainya.

Dengan RPP Akidah Akhlak yang jelas, maka perencanaan pembelajaran sudah dipertimbangkan dengan sangat matang sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh madrasah masing-masing sebagai daya dukung pelaksanaan rencana pembelajaran berupa RPP.

RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs K13

Fungsi Pembelajaran Akidah Akhlak


Dalam pembelajaran Akidah Akhlak ada 4 fungsi, yaitu :
  1. Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT yang telah ditanamkan dalam lingkungan keluarga.
  2. Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan seharihari.
  3. Pencegahan, yaitu berfungsi sebagai pencegahan hal negatif dari lingkungan/budaya lain yang membahayakan dan menghambat perkembangan menuju manusia Indonesia seutuhnya.
  4. Pengajaran, yaitu menyampaikan informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlak.

Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak


Ada 3 tujuan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu :

  1. Siswa memiliki pengetahuan, penghayatan, dan keyakinan akan halhal yang harus diimani sehingga tercermin dalam sikap dan tingkah lakunya sehari-hari.
  2. Siswa memiliki pengetahuan, penghayatan, dan kemauan yang kuat untuk mengamalkan akhlak yang baik dan menjauhi akhlak yang buruk, baik dalam hubungannya dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, maupun dengan alam lingkungannya.
  3. Siswa memperoleh bekal tentang akidah dan akhlak untuk melanjutkan pelajaran ke jenjang pendidikan menengah.

Dari uraian diatas tujuan pembelajaran akidah akhlak yakni untuk memberikan kemampuan dan keterampilan dasar kepada peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman akhlak Islami dan nilai-nilai keteladanan dalam kehidupan sehari-sehari.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah untuk mencetak generasi Al-Qur'an, yaitu insan bertaqwa dan mampu bertindak sebagai pemimpin (khalifah) di bumi. Jadi akhlak harus mampu mengarahkan manusia menjadi baik.

Pembelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai bagian dari integral dari pembelajaran agama, meskipun bukan satu-satunya faktor yang menentukan pembentukan kepribadian peserta didik.

Secara substansi Akidah-Akhlak berkonstribusi dalam memberikan motivasi dan stimulus kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai keagamaan (tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Download RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs Kurikulum 2013


Silahkan unduh RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs K13 melalui tautan link berikut: Download File.

Untuk Bapak/Ibu yang juga mencari Akidah Akhlak Kelas 7 dan Kelas 8 MTs Kurikulum 2013, silahkan kunjungi link-link berikut:

Demikianlah informasi tentang RPP Akidah Akhlak Kelas 9 MTs K13, semoga dapat membantu.

5 komentar

SAYA UCAPKAN BANYAK2 TRIMAKASI ATAS KEIKHLASANNYA MENYEDIAKAN PRANGKAT AQILA.WASALAM.WAYAN MARIYATI dr BALI

This comment has been removed by the author.

SYUKRON... SANGAT MEMBANTU SEKALI, SEMOGA BERKAH YA.
BY: KHADIJAH DARI PALEMBANG

Sama-sama Bu Mariyati dan Bu Khadijah.