Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020

Emis Manajemen UN merupakan laman web yang berfungsi untuk melakukan pendataan CAPESUN bagi siswa kelas akhir (Kelas 6, 9 dan 12) dibawah naungan Kementerian Agama yang hendak mengikuti Ujian Nasional (UN).

E-Manja atau Emis Manajemen UN bukan hal baru Operator Pendataan Madrasah, pasalnya pada tahun sebelumnya, E-manja juga digunakan sebagai laman pengelolaan data siswa peserta UN.

Di awal tahun 2020 ini, Emis Manajemen UN kembali diluncurkan guna mengatasi kendala-kendala yang dihadapi Operator Madrasah dalam pengelolaan data siswa yang sebelumnya menggunakan Emis Madrasah.

Permasalahan dari sulitnya login, data siswa hilang, dan lain sebagainya. E-Manja diharapkan dapat menjadi solusi atas kendala-kendala yang dihadapi Operator Madrasah dalam mempersiapkan data siswa kelas akhir yang menjadi calon peserta UN (Capesun).

Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020

Cara Login Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020


Untuk dapat login kedalam laman web Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020, Bapak/Ibu dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Login ke E-Manja pada alamat url berikut: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manja
  2. Masukkan username dan password sebagaimana username dan password untuk login ke Emis Madrasah.

Fitur-Fitur dalam Emis Manajemen UN (E-Manja) 2020


Dalam laman Emis Manajemen UN (E-Manja) terdapat beberapa fitur yang memiliki fungsi berbeda-beda, antara lain:

A. Fitur Analisis Data


Fitur ini digunakan untuk menganalisis serta melihat progres data Capesun, Selain itu dalam fitur ini juga digunakan untuk melakukan Sinkronisasi data, lihat gambar berikut;

Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020

Sebelum melakukan sinkronisasi, perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pastikan data sudah sesuai (pada kotak merah)
  • Sinkronisasi hanya bisa dilakukan maksimal 3x, jadi manfaatkan fitur ini dengan sebaik-baiknya.
Untuk Madrasah yang data siswanya sudah lengkap namun belum masuk ke PDUN (Pangkalan data Ujian Nasional) gunakan fitur ini agar data dapat dikirim ke server integrasi.

B. Fitur Kelembagaan


Berisi informasi tentang Data Lemabag yang meliputi Nama Kepala Madrasah, NIP Kepala Madrasah, dan Informasi jurusan yang diselenggarakan;

Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020

Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) silahkan lengkapi data kepala madrasah saja, sedangkan untuk Madrasah tsanawiyah lengkapi data kepala madrasah berserta dengan informasi jurusan siswa.

C. Fitur PDUN


Fitur PDUN memiliki 3 (tiga) Sub Menu sebagai berikut:

1. Sinkronisasi Data

Fitur ini digunakan sebagai penarikan data siswa yang sudah ada di Emis Madrasah, namun belum masuk di Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020. Untuk melakukan penarikan data ikuti langkah-langkah berikut:

Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020

  • Masukkan Nama Siswa
  • Pilih Kelas
  • Dan Kemudian Klik tombol cek data
  • Klik Aksi untuk menarik data dari Emis Madrasah ke E-Manja untuk dijadikan siswa kelas akhir.

Ketentuan dalam penarikan data ini adalah sebagai berikut:

  • Menambahkan data siswa yang belum masuk dalam database EMIS kewenangan dimiliki oleh pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi.
  • Dalam Penambahan siswa hanya dapat dilakukan melalui EMIS Monitor (emispendis.kemenag.go.id/e-monitor).
  • Persetujuan Penambahan siswa harus melalui pengecekan rekam jejak siswa yang menjadi tanggung jawab pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi yang akan menambahkan data.
  • Data Siswa yang ditambahkan tidak secara otomatis masuk ke database EMIS tapi menunggu persetujuan sistem karena harus dilakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap data referensi EMIS.
  • Proses persetujuan dilakukan dalam waktu minimum 1x24 jam.

2. Rombel

Fitur ini digunakan untuk mengelola data rombel kelas akhir pada satuan pendidikan madrasah, dalam fitur ini terdapat rombel yang terdapat pada madrasah yang bersangkutan.

3. Peserta Didik

Fitur Peserta Didik ini digunakan untuk melakukan pengecekan data CAPESUN, selain itu juga terdapat fitur hapus siswa, yang berfungsi untuk menghapus siswa ganda di E-Manja, namun hati-hati dalam menggunakan fitur ini, pastikan siswa yang hendak dihapus benar-benar ganda.

Unduh Petunjuk Penggunaan Emis Manajemen UN (E-Manja) 2020


Untuk teman-teman berikut terdapat petunjuk penggunaan laman Emis Manajemen UN (E-Manja) yang dapat digunakan sebagai bahan referensi sebelum mengerjakan E-Manja Tahun 2020. Silahkan Download dalam tautan berikut: Download File.

Demikianlah informasi tentang Emis Manajemen UN (E-Manja) Tahun 2020, semoga membantu dan bermanfaat untuk Bapak/Ibu operator Madrasah dalam menyiapkan data peserta didiknya.
Kami_Madrasah