Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020

Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab untuk tingkat MI MTs MA Tahun Pelajaran 2020 secara resmi dipublikasikan melalui Keputusan Dirjen Pendis Nomor 5794 Tahun 2019 tentang Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional PAI Dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2020.

USBN dilaksanakan sebagai bentuk pengukuran atas capaian kompetensi siswa yang dilaksanakan oleh Satuan Pendidikan dengan mengacu pada SKL untuk mengetahui prestasi belajar. 


Kisi-kisi USBN merupakan acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Pada dasarnya, kisi-kisi USBN disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), terkecuali kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan disusun oleh Kementerian Agama.

Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020

Pengertian kisi-kisi


Definisi Kisi-kisi itu sendiri adalah format berbentuk matriks berisi sekumpulan informasi yang dapat dijadikan panduan dalam menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes.

Baca Juga: POS UAMBN Tahun 2019/2020

Penyusunan kisi-kisi adalah langkah penting yang harus dilaksanakan sebelum kegiatan penulisan soal. Dengan adanya kisi-kisi soal-soal yang dihasilkan akan relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Syarat kisi-kisi


Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Komponen kisi-kisi


Adapun komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes itu sendiri. Komponen kisi-kisi meliputi komponen identitas dan matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks.

Komponen identitas meliputi jenjang sekolah, program studi atau jurusan, mata pelajaran, tahun pelajaran, kurikulum, alokasi waktu, jumlah soal, dan terakhir bentuk soal.

Baca Juga: Jadwal UAMBN-BK MTs MA Tahun 2020

Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Download Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020


Bapak/Ibu, berikut adalah Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020 yang dapat diunduh disini: Unduh File.

Baca Juga: Kisi-kisi UAMBN Tahun Pelajaran 2019/2020

Demikianlah informasi tentang Kisi-kisi USBN PAI Dan Bahasa Arab MI MTs MA Tahun 2020, semoga membawa manfaat.