Pembahasan Soal UN SMP SMA/SMK

Contoh Soal UN dan Pembahasannya secara resmi dipublikasikan oleh Puspendik Kemendikbud sebagai upaya untuk melakukan evaluasi bagi guru dan sekolah guna meningkatkan hasil UN Tahun 2020.

Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada  mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Salah satu kegunaan hasil UN adalah pembinaan kepada satuan pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan.

Setiap tahun Pusat Penilaian Pendidikan mempublikasikan hasil UN dalam bentuk aplikasi analisis hasil UN yang didistribusikan ke dinas pendidikan. Hasil UN juga dapat diakses melalui laman https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id.

Soal UN SMP SMA/SMK

Hasil UN tersebut telah dimanfaatkan antara lain oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan kepada sekolah-sekolah dengan capaian UN yang belum optimal. Selain itu, sebagian dinas pendidikan dan sekolah juga telah memanfaatkan hasil UN untuk pembinaan guru.

Ringkasan Soal berikut ini melengkapi publikasi hasil UN yang telah ada. Oleh karena itu Ringkasan ini tidak melaporkan semua kompetensi yang diujikan, namun mengangkat beberapa topik atau kompetensi yang dikuasai dan yang belum dikuasai siswa beserta rekomendasi pembelajaran. Dalam Ringkasan ini disajikan contoh soal beserta pembahasan soal untuk jenjang SMA dan SMK.

Baca Juga: 
Dengan mengetahui perbaikan yang harus dilakukan oleh guru maupun sekolah, diharapkan kompetensi yang sudah dikuasai sebagian besar siswa akan dikuasai oleh seluruh siswa; sedangkan untuk kompetensi yang belum dikuasai sebagian besar siswa akan dapat ditingkatkan penguasaannya melalui perbaikan pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan mutu lulusan yang berikutnya dapat lebih meningkat.

Download Contoh dan Pembahasan Soal UN


Contoh soal UN berikut merupakan Soal UN yang secara resmi dipublikasikan oleh Puspendik Kemendikbud melalui laman websitenya dalam rangka untuk perbaikan bagi peserta didik, guru dan sekolah untuk dapat meningkatkan hasil UN Tahun 2020 yang akhirnya meningkatkan mutu lulusan kedepannya.

Oleh karenanya, dalam contoh soal berikut hanya terdapat beberapa soal beserta pembahasannya untuk tingkat SMP, SMA/SMK yang dapat diunduh melalui tautan berikut ini:

  1. Rilis soal dan Pembahasan UN SMP Unduh File
  2. Rilis soal dan Pembahasan UN SMA-SMK Unduh File
  3. Rilis soal dan Pembahasan UN SMP Unduh File
  4. Rilis soal dan Pembahasan UN SMA IPS Unduh File
  5. Rilis soal dan Pembahasan UN SMA IPA Unduh File

Demikianlah informasi tentang Contoh dan Pembahasan Soal UN SMP SMA/SMK, semoga bermanfaat!

1 komentar