RPP Al-Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru

RPP Al-Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru berikut ini merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran al-Quran Hadis untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) terbaru 2020.

Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits termasuk ciri khas pendidikan Madrasah yang mana mata pelajaran tersebut merupakan rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dimana tujuan dan fungsi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tidak jauh dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan al-Qur’an Hadits di Madrasah sebagai bagian yang integral dari pendidikan agama Islam, memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik.

Tetapi secara subtansial mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits memiliki kontibusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekkan nilai-nilai agama Islam sebagaimana yang terkandung dalam al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: RPP Bahasa Arab K13 Kelas 7 8 9 MTs

Adapun fungsi dari mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits pada madrasah adalah sebagai berikut:
  • Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Islam yang telah mulai dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman, dan pengalaman ajaran islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat mempengaruhi diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.
  • Pembiasaan, yaitu menjadikan nilai-nilai yang terkandung di dalam al-Qur’an dan Hadits sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupannya sehari-hari peserta didik.

Materi pembelajaran Qur’an Hadits meliputi membaca dengan fasih, menerjemahkan, menyimpulkan isi kandungan, menyalin dan menghafal ayat-ayat terpilih serta memahami dan mengamalkan hadits-hadits pilihan untuk dapat mewujudkan peserta didik yang mampu mengamalkan ajaran-ajaran al-Qur'an serta sebagai pembekalan untuk jenjang selanjutnya.

RPP Al-Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru

RPP Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru


Bapak/Ibu berikut adalah RPP Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru yang dapat diunduh serta disesuaikan sebagaimana kebutuhan di satuan pendidikan Madrasah:

Kelas 7

Kelas 8

Kelas 9


Demikianlah informasi tentang RPP Al-Quran Hadis Kelas 7 8 9 MTs K13 Terbaru, semoga bermanfaat.

18 komentar

Terimakasih.semoga Allah membalas kebaikanx.aamiin

gk bs d.buka winrarnya. mksh

Yang kelas dan Semester berapa?

Tidak ada password, silahkan ekstrak dengan Rar.

Karena filenya tidak bisa dibuka/kosong, saya minta dikirimkan lewat email pak..mekarfariz@gmail.com Terima kasih

File Normal, TIDAK KOSONG, Silahkan unduh melalui PC/Komputer karena file dijadikan satu dalam bentuk RAR.

sukes sellu, terimakasih

terima kasih, sehat dan sukses selalu kiranya!

Mars Inis: Amiinn, terima kasih.

Terimakasih banyak kpd semua teman2

ini tema blognya bagus beli dimana ya. izin copy edit dan print ya

Alhamdulillah terima kasih semoga Allah membalas kebaikan anda semua...

Amiinn Ya Rabbal 'Alamin....