Buku Akidah Akhlak Guru Siswa Kelas 9 MTs (KMA 183) Terbaru

Buku Guru dan Siswa Akidah Akhlak kelas 9 MTs (KMA 183) Terbaru Kurikulum 2013 merupakan panduan bagi guru dan siswa untuk melaksanakan pembelajaran dikelas. meskipun dalam pelaksanaannya seorang guru melakukan pengembangan-pengembangan materi dan siswa menanyakan hal-hal yang terjadi disekitar mereka.

Pendidikan Akidah Akhlak di Madrasah memiliki karakteristik sebagai berikut: Akidah Akhlak menekankan pada kemampuan memahami keimanan dan keyakinan Islam sehingga memiliki keyakinan yang kokoh dan mampu mempertahankan keyakinan/keimanannya serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk menerapkan dan menghiasi diri dengan akhlak terpuji (mahmudah) dan menjauhi serta menghindarkan diri dari akhlak tercela (madzmumah) dalam kehidupan sehari-hari.

Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar.

Buku Akidah Akhlak Guru Siswa Kelas 9 MTs (KMA 183) Terbaru

Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari rukun iman, mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, sampai iman kepada Qadha dan Qadar. Semua pengetahuan ini dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli.

Baca Juga: Download Buku K13 Kelas 9 SMP/MTs Revisi

Pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna ditandai dengan kemampuan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Secara substansial mata pelajaran Akidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Download Buku Guru dan Siswa Kelas 6 SD/MI Revisi

Alakhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Tujuan Mata pelajaran Akidah-Akhlak


  • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.
  • Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

Ruang Lingkup Mata Pelajaran Akidah-Akhlak


Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
  • Aspek akidah terdiri dari; dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma’ al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qadha-Qadar.
  • Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, tha’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabr, syukr, qanaa’ah, tawaadhu’, husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja yang sehat.
  • Aspek akhlak tercela meliputi kufr, syirk, riya’, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadhab, tamak, takabbur, hasad, dendam, ghiibah, fitnah, dan namiimah.
  • Aspek adab meliputi: Adab beribadah seperti adab shalat, membaca al-Qur’an, berdoa, adab kepada kepada orang tua dan guru, adab kepada kepada, saudara, teman, dan tetangga, adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.
  • Aspek kisah teladan meliputi: Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub, Kisah Sahabat: Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Buku Akidah Akhlak Guru Siswa Kelas 9 MTs (KMA 183) Terbaru 2020


Sobat Kami Madrasah, berikut adalah Buku Akidah Akhlak Guru Siswa K13 Kelas 9 MTs (KMA 183 Tahun 2019) Revisi Tahun 2020 yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Buku Akidah Akhlak Guru Siswa Kelas 9 MTs (KMA 183) Terbaru, semoga menjadikan manfaat untuk guru dan siswa madrasah.
Kami_Madrasah