Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD)

Kami Madrasah – Sobat Operator Madrasah, Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah sampai saat ini telah mengalami beberapa perbaikan, sampai artikel ini kami tulis, sudah terdapat PATCH ke-4, tiap Patch memiliki perbaikan masing-masing. Namun, seiring dengan peluncuran Patch tersebut masih terdapat Operator Madrasah yang bingung setelah melakukan Patch Data yang telah mereka kerjakan hilang begitu saja ataupun Aplikasi ARD menjadi Error (tidak bisa dibuka). Menurut kami – mungkin juga bisa salah – hal tersebut terjadi karena beberapa faktor:
  1. Proses Patch yang salah. 
  2. Hilangnya folder mysql dan htdoc 
Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD)

Nah untuk itu, kami berinisiatif untuk menulis Artikel ini untuk setidaknya membantu para Operator Madrasah yang sedang atau akan mengalami kejadian-kejadian tersebut. Maka menurut kami, sebelum melakukan proses Patch, ada baiknya Operator Madrasah melakukan tahapan-tahapan berikut ini:


1. Sebelum Patch, Back-up Data ARD.

Untuk membackup data madrasah Sobat dapat mengcopy terlebih dahulu folder htdocs dan mysql untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu setelah proses Patch data kita hilang atau error. Untuk lebih jelasnya sobat dapat melihat gambar berikut:


2. Proses Patch, Lakukan Patching dengan Benar.

Untuk melakukan Patch Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah dengan benar, Sobat Operator Madrasah dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Unduh Patching Rapor melalui Laman Resmi Sistem Kurikulum Madrasah (Sikurma) berikut: http://sikurma.kemenag.go.id/ard/
  • Ekstrak file Patching Rapor. Hasil ekstrak berupa 3 buah folder Patching yakni MA, MTs, dan MI.
    Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD)
  • Copy folder bernama application pada jenjang yang sesuai dengan madrasah sobat
Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD)
  • Buka lokasi Instalasi aplikasi ARD Madrasah di drive C
  • Pilih dan buka folder htdocts
  • Pilih dan buka folder dengan nama sesuai jenjang yang diinginkan (MA, MTs, atau MI)
  • Pastekan folder application tadi ke folder tersebut (folder htdocts)
  • Klik Yes jika muncul notifikasi
  • Patching selesai


Catatan: Silahkan lakukan proses Patchign secara Berurutan, Contoh Kasus jika telah melakukan Patch 3 kemudian muncul Patch 4 dan Patch 5, maka sobat harus melakukan proses Patch 4 terlebih dahulu kemudian melakukan Patch 5.

Nah setelah proses Patching, sekarang silahkan coba untuk membuka/menjalankan aplikasi ARD Madrasah. Jika setelah Patch selesai dan Aplikasi ARD Error atau data Hilang, maka Proses pada poin nomor 1 yakni Backup data menjadi sangat berguna untuk mengembalikan data yang hilang setelah melakukan proses Patching.

Demikianlah informasi tentang Cara Backup Data Aplikasi Rapor Digital (ARD) Madrasah. Semoga Bermanfaat untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh.

4 komentar

Sangat bermanfaat...terima kasih...

Sama-sama, Senang bisa membantu.

Bagaimana jika sudah melakukan paching 3 tetapi tidak ada perubahan mulai dari semester tetap genap siswa tidak urut,bagaimana solusinya apakah harus mulai pertama lagi,insta ulang

bagaimana jika lupa backup, tapi sudah terlanjur diinstal ulang aplikasinya? bisakah dikembalikan datanya?