Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum Sekolah/Madrasah

Kami Madrasah - Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.


Download Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum Sekolah/Madrasah 2018

Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.

Kurikulum 2013 dikembangkan atas teori “pendidikan berdasarkan standar” (standard-based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Pendidikan berdasarkan standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warganegara yang dirinci menjadi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. 

Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak.

Download Contoh Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum Sekolah/Madrasah
 
Berikut adalah contoh Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum Sekolah/Madrasah yang dapat sobat unduh melalui tautan-tautan berikut ini:

  1. Surat Pernyataan MI
  2. Surat Pernyataan MTS
  3. Surat Pernyataan MA

Demikianlah informasi terkait dengan Download Surat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum Sekolah/Madrasah 2018, semoga bermanfaat.

2 komentar