Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)

Ruang Kelas adalah suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mebeler dalam ruangan ini terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai. Ukuran yang umum adalah 9m x 8m.

Ruang kelas memiliki syarat kelayakan dan standar tertentu, misalnya ukuran, pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan persyaratan lainnya yang telah dibakukan oleh pihak berwenang terkait. Posisi kelas ada 2 yaitu kelas berpindah (moving class) dan kelas tetap (remaining class).
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, disebutkan segi berikut:

1. Ruang Kelas
  • Fungsi ruang kelas adalah tempat kegiatan pembelajaran teori, praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktik dengan alat khusus yang mudah dihadirkan.
  • Banyak minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
  • Kapasitas maksimum ruang kelas 28 siswa. 
  • Rasio minimum luas ruang kelas 2m2/siswa. Untuk rombongan belajar dengan siswa kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas adalah 30 m2. Lebar minimum ruang kelas adalah 5 m. 
  • Ruang kelas memiliki jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk memberikan pandangan ke luar ruangan.
  • Ruang kelas memiliki pintu yang memadai agar siswa dan guru dapat segera keluar ruangan jika terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik saat tidak digunakan. 
  • Ruang kelas dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel berikut:
Baca Juga: Contoh Program Sukses UN Ter
No
Jenis
Rasio
Deskripsi
1
Perabot


1.1

Kursi siswa

1 buah/ siswa

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain dudukan dan sandaran membuat siswa nyaman belajar.
1.2

Meja siswa

1 buah/ siswa

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain memungkin-kan kaki siswa masuk dengan leluasa ke bawah meja.
1.3

Kursi guru

1 buah/guru

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman.
1.4

Meja guru

1 buah/guru

Kuat. stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman.
1.5

Lemari
1 buah/ruang

Kuat, stabil dan aman. Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan dapat dikunci.
1.6

Rak hasil karya siswa 1 buah/ruang

Kuat, stabil dan aman. Ukuran memadai untuk meletakkan hasil karya seluruh siswa yang ada di kelas. Dapat berupa rak terbuka atau lemari.
1.7
Papan pajang 1 buah/ruang Kuat, stabil dan aman. Ukuran minimum 60 cm x 120 cm.
2
Peralatan Pendidikan

2.1
Alat peraga

[lihat daftar sarana laboratorium IPA]
3
Media Pendidikan

3.1

Papan tulis

1 buah/ruang

Kuat, stabil dan aman. Ukuran minimum 90 cm x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya dengan jelas.
4
Perlengkapan Lain

4.1
Tempat sampah 1 buah/ruang

4.2
Tempat cuci tangan 1 buah/ruang

4.3
Jam dinding 1 buah/ruang

4.4
Kotak kontak 1 buah/ruang


Download Proposal Ruang Kelas Baru (RKB)


Berikut adalah contoh proposal yang dapat sobat unduh melalui tautan berikut ini:


Demikianlah informasi tentang Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), semoga bermanfaat untuk Madrasah yang lebih baik.