Petunjuk Teknis Asesmen Nasional (ANBK) Terbaru 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah yang bertujuan sebagai pemetaan mutu sistem pendidikan pada sekolah/madrasah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Dalam pelaksanaanny, Asesmen Nasional (AN) hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan system tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat di pilih adalah moda daring (full online) dan semi daring (semi online).

Mekanisme dan prosedur pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) mengacu kepada POS Asesmen Nasional berbasis komputer yang di tetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbud.


Petunjuk Teknis Asesmen Nasional (ANBK) Terbaru 2022

Selanjutnya hal-hal yang bersifat teknis pelaksanaan di lapangan, akan di jabarkan secara lebih rinci dalam Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) yang dapat diunduh di akhir artikel ini.

Juknis ANBK Terbaru 2022 bertujuan untuk memberikan panduan dan petunjuk teknis kepada pelaksana AN di seluruh tingkatan, mulai dari pusat, daerah, dan sekolah/madrasah dalam melaksanakan AN yang sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional.

Baca Juga: Spesifikasi Server Asesmen Nasional Terbaru 2022

Juknis ANBK 2022 tidak seluruhnya mencantumkan bagian di dalam POS asesmen Nasional 2022, akan tetapi hal-hal teknis yang di anggap penting dan belum tercantum di dalam POS AN yang di akan perjelas melalui petunjuk teknis ini.

Diharapkan dengan adanya Juknis Pelaksanaan AN 2022 ini semua pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan Asesmen Nasional 2022 dapat terselenggara dengan baik sehingga menghasilkan informasi asesmen yang bermanfaat bagi perbaikan dan kemajuan proses pembelajaran kedepan.

Tugas dan Tanggung Jawab Sekolah/Madrasah Dalam AN Daring (Online) atau Semi Daring (Semi Online)


Dalam pelaksanaan AN Panitia tingkat satuan Pendidikan wajib melakukan hal-hal sebagai berikut:
  • Memastikan keamanan dan ketertiban lingkungan AN agar berjalan dengan lancar;
  • Mengelola sarana dan prasarana Asesmen Nasional berfungsi dengan baik;
  • Memastikan koneksi internet selalu dalam kondisi baik;
  • Mengendalikan arus listrik agar tetap stabil;
  • Memastikan genset/listrik cadangan tersedia, mengantisipasi terjadi pemadaman listrik;
  • Berkoordinasi dengan tim teknis tingkat Kab/Kota saat terjadi kendala teknis di luar kendali.

Download Juknis ANBK Terbaru 2022


Juknis Asesmen Nasional 2022 di susun berdasar pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek Nomor: 013/H/PG.00/2022 tentang POS Asesmen Nasional tahun 2022.

Juknis ANBK 2022 ini diperuntukan untuk tim teknis Provinsi, tim teknis Kab/Kota, proktor AN sekolah/madrasah, teknisi AN sekolah/madrasah, dan pengawas AN sekolah/madrasah. Dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional (AN). Silahkan unduh petunjuk teknis Asesmen Nasional (AN) Terbaru 2022 disini: Unduh File.

Demikianlah informasi tentang Juknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terbaru 2022, semoga dapat bermanfaat.
Kami_Madrasah