[PPT] Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran

Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran adalah aktivitas menilai kegiatan supervisi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Evaluasi Supervisi Pembelajaran dengan menilai melalui proses mengukur, melihat, serta ketercapaian tujuan supervisi pembelajaran.

Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di maksudkan agar dapat diketahui efektivitas proses pembelajaran dan kesesuaian proses pembelajaran untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditentukan melalui Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran

Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan sesuatu. Dalam proses pembelajaran dan supervisinya, diperlukan juga sebuah evaluasi, guna mengetahui seberapa berhasilkah pelaksanaan supervisi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Dengan Evaluasi Supervisi Pembelajaran ini, nantinya diharapkan dapat memunculkan solusi dan ide-ide baru terhadap proses pembelajaran berserta supervisinya.

Proses Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran adalah sebagai berikut; 1) specifying criteria (menetapkan kriteria); 2) instrumentation (instrumentasi); 3) data gathering (pengumpulan data); 4) analysis data (analisis data); 5) interpretation of findings (interpretasi temuan); 6) valuing (penilaian), dan; 7) decision making (pengambilan keputusan).

Download Materi Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran


Materi Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran berbentuk Power Point (PPT) bisa di unduh Disini.

Target pelaksanaan Evaluasi supervisi pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • evaluasi terhadap pelaksanaan supervisi pembelajaran,
  • evaluasi terhadap guru yang disupervisi, dan
  • evaluasi terhadap prestasi belajar siswa setelah gurunya mendapatkan supervisi.

Demikianlah informasi tentang Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran, semoga dapat membawa manfaat bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas madrasah yang akan melakukan evaluasi supervisi pembelajarannya.