Buku Saku AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Buku Saku AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ini disusun untuk memberikan informasi dan wawasan terkait pelaksanaaan AKM yang meliputi soal-soal AKM serta implikasinya dalam pembelajaran lintas mata pelajaran.


Penjelasan mengenai tingkat kompetensi dari hasil AKM juga diharapkan memantik beragam strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Diharapkan buku saku ini menjadi inspirasi untuk terbentuknya kultur belajar yang memposisikan murid sebagai fokus utama, menggeser paradigma dari mengajarkan materi menjadi menumbuhkan kompetensi secara konstruktif dan adaptif.

Baca Juga: Jadwal Asesmen Nasional (AN) Tahun 2021

AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Buku Saku AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Buku saku AKM ini berisikan penjelasan tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), contoh soal AKM, pelaporan AKM dan contoh pemanfaatan pelaporan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

Dengan penjelasan dan ilustrasi yang diberikan diharapkan dapat memberikan gambaran AKM secara komprehensif. AKM tidak mengukur capaian belajar secara spesifik pada mata pelajaran tertentu, namun hasil AKM dapat dimanfaatkan oleh guru dan satuan pendidikan untuk perbaikan proses pembelajaran mata pelajaran.

Dengan hasil AKM, guru dan satuan pendidikan dapat menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Hasil AKM dapat memberi gambaran kepada guru dan satuan pendidikan mengenai takaran yang tepat untuk setiap “teaching at the right level”.

Baca Juga: POS Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2021

Dengan strategi yang sesuai dengan kondisi peserta didik, tugas atau pembelajaran yang diberikan juga sesuai dengan kondisi siswa. Dengan demikian antusiasme untuk belajar tetap terjaga. Rasa bosan karena tantangan atau tugas yang terlalu sederhana atau rasa putus asa karena tugas yang terlalu sulit, di luar jangkauan siswa dapat dihindari.

Silahkan unduh Buku Saku AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dalam tautan berikut ini: unduh file.

Demikianlah informasi tentang Buku Saku AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), semoga dapat bermanfaat dalam persiapan menghadapi pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).
Kami_Madrasah